Friday, September 23, 2016

Saat Gacha (Super) Zonk, Apa Yang Kamu Lakukan?

Dear Rangers,

Salah satu hal yg menarik menyebalkan dari game LR adalah ketika kita mendapati hasil gacha kita zonk.


Apa sih zonk itu?

Zonk itu adalah ketika hasil gachanya tidak sesuai dengan harapan (kita) atau yg ditawarkan (dev LR). Misalnya dev LR memberikan garansi bahwa gacha di event tersebut PASTI AKAN MENDAPAT ranger, ternyata hasilnya jauh dari garansi. Istilah anak muda (kaya saya) sekarang: di-PHP-in.



Contoh 2 event 'garansi' dari dev LR, yg hasilnya ga 100% sesuai garansi. Sebagai contoh, untuk event di atas ini, peluang untuk dapat Suju >>>> Supan. Saya pernah bahas di sini.

Dev LR bukannya tidak pernah tepat janji. Mereka pernah kok menjanjikan Ranger akan 100% mendapat ranger yg ditawarkan. TAPI HARGANYA MAHAAALLL....!!!

*ada yg masih ingat event ini?*

Omong-omong, saya pernah kena zonk juga. Wajar lah...namanya juga Ranger. Bukan Ranger namanya kalo ga pernah zonk! Hahahha...

Zonk yg saya alami bisa dibaca di sini. Silakan dibaca saja sendiri, saya tidak mau membahas dan membongkar lagi kenangan zonk saya. *jiaahhh...lebayatun* ^_^

Pengalaman zonk ini sedikit banyak membuat banyak Ranger pensi. Ya bisa dibayangkan jika sekian ribu ubi (apalagi hasil beli) yg di-gacha-kan, ternyata hasilnya ga ada seujung kuku.

Di Jagal, pengalaman zonk para Jagur tidaklah sedikit. Omelan2, sumpah serapah, dan ungkapan kekesalan lain selalu terlontar saat Jagur mendapat hasil gacha yg zonk.

Tapi itu semua tidak membuat Jagur pensi. Penyebabnya, Jagur memahami 'prinsip' gacha di bawah ini.


Jadi, meskipun Jagur mendapatkan hasil super duper zonk dari gacha, mereka tetap yakin bahwa hasil gachanya masih bermanfaat (minimal di-extract utk mendapat gems, hahahah...). Bahkan omLao yg mendapat hasil ampas usai 'membuang' 1100 ubinya pun masih tetap 'nekad' utk meneruskan main LR. (pssttt....hasil gacha yg zonk ini adalah di akun yg berbeda, bukan utama sih, hehehe...)


Lalu, apa yg kamu lakukan ketika mendapati hasil gacha kamu zonk?

Kalo saya, ini yg saya lakukan.

1. Menatap dengan perasaan 3/4 tidak percaya bahwa saya menjadi korban zonk.

2. Mengucapkan dan menyampaikan kekesalan saya. Minimal dg ngomong "Dodol kecap" atau "Ampas" seperti karakter Ghosty di samping ini.

3. Masuk ke fase menyesal, mengapa harus gacha. Note: jikapun tidak gacha, kadang menyesal juga kenapa saat itu ga gacha? Jadi, memang gacha/tidak, akan menjadi masalah, hahahaha...

4. Mengenang ubi yg telah dikorbankan. Memikirkan dan merenungkan kembali perjalanan mendapatkan ubi2 itu. Iya, saya pernah jadi paid player yg akhirnya berujung ke pelit player. Bukan apa2, pengalaman pahit zonk membuat saya males utk gacha.

Oya, bukan berarti saya tidak pernah hoki gacha lho. Sebagaimana pernah saya tulis di sini, saya pernah hoki (banget) gachanya.



walau pernah zonk, tapi saya juga pernah hoki

5. Durasi saya menjalani empat fase itu tergantung dari jumlah ubi yg saya pakai untuk gacha (dan hasilnya zonk). Jika saya cuma habis 200-400 ubi, paling lama seminggu saya berkabung. Tapi untuk kasus habis ubi 1800, saya butuh 1 bulan untuk menuntaskan rasa duka saya.

Terlepas dari zonk yg pernah saya terima, saya masih tidak habis pikir dengan Wei S, yang meskipun sudah gacha 4500 ubi dengan hasil super duper zonk, nampaknya dia tidak akan pernah kapok. Ya beda level memang orang2 berduit yg main game. Makanya saya sempat usulkan agar dev LR membuat penggolongan player.

Omong2, saya pernah iseng2 'meneliti' mengenai peluang gacha.

Jadi, data yg saya gunakan adalah data per awal Sept 2016. Dari Lerico, saya dapatkan informasi sebagai berikut:

1. Ranger 8* = 59 rangers
2. Ranger 7* = 87 rangers
3. Ranger 6* = 106 rangers
4. Ranger 5* = 91 rangers
5. Ranger 4* = 70 rangers
6. Ranger 3* = 48 rangers
7. Ranger 2* = 31 rangers
8. Ranger 1* = 17 rangers

Plus Sule 1*, 2*, 3*, 4*, 5*, 6*, 7*, 8*, lalu Unard 4*, 5*, 6*, 7*, 8*.

Total jenderal rangers = 522 rangers. *tolong koreksi jika salah*

Nah, kini kita cek peluang gachanya. Saya ambil event gacha per awal Sept ini.


Di situ dituliskan gacha ultra rare akan mendapat ranger 6* - 8*. Dengan demikian, peluang mendapatkan ranger 8* (termasuk ultra) adalah sebesar 59/(59+87+106+6) = 59/258 = 22.86%. Secara teori memang lumayan peluangnya, tapi pada kenyataannya....jangan berharap dev LR akan sebaik itu memberikan ranger 8* ke Rangers.

Dalam bayangan saya, digunakan rumus kombinasi. Jadi begini ilustrasinya. Katakan saya ingin dapat 7 ranger 8*. Berarti saya gunakan rumus 258C7 = 1.39 10^13. Kemudian saya masukkan 59C7 = 341149446.

Maka peluang mendapatkan 7 ranger 8* adalah 341149446/1.39 10^13 * 100% = 0.00245%.

Mwahahahah...modyaarrr daaahhh... ^_^

So, dengan peluang sekecil itu, meskipun ada event tripled bla bla bla...paling banter peluangnya naik menjadi 0.00736% saja. Masih jauh dari harapan lah.

Makanya, yg gacha lalu dapat ranger bagus itu bener2 hoki. Meskipun saya pernah share ttg tips gacha, tapi itu tidak jaminan 100% hasilnya bagus sih.

Ingat-ingatlah hal di bawah ini sebelum gacha! Biar ga terlalu kecewa! Hahahhaa... ^_^


Catatan: silakan dikoreksi jika hitungan peluang saya di atas ternyata tidak tepat. Maklum, sudah lama saya tidak memegang buku statistika. Tidak banyak digunakan di ruang lingkup kerja saya.

Tapi mestinya bisa jadi bayangan dan perkiraan mengenai peluang gacha kita.

Happy wiken...Admin mau pulang ke Bandung, mumpung gaji sudah masuk, hehehe...

Oya, jangan lupa membaca artikel ini, Apakah Gacha Dan Spin Sudah Ditentukan? Setidaknya bisa mengurangi gundah gulana kalian. Atau malah kalian jadi marah gara2 akun kalian sudah diset untuk zonk? ^_^

11 comments:

  1. Saran gatcha itu disesuaikan dengan kebutuhan apakah sudah butuh dengan ranger baru? Jangan ikutin nafsu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat pelit player kaya masgan yg ubinya mo nyampe 9999 gachanya klo event limited rangers wkwkwkwkwk peace mbahnya lr masgan

      Delete
  2. artikel bagus... saya baca sampai ngakak...mas...

    lao

    ReplyDelete
  3. Hahahaha... Sama banget masgan... Gacha salah, gak gacha nyesel sendiri. Giliran gacha dapet zonk, ngomel.
    Tapi yah itulah indahnya LR. Deg2an setengah idup pas mau gacha. Dan sampai sekarang, saya pribadi belum nemu game model kya gini. Sensasinya beda beud.

    Salam Zonk,
    -SP-

    ReplyDelete
  4. Erhm... 1800 ruby yg buat Kaworu ya? :P Ok, saya biasanya kalo gacha zonk diawali dgn rasa marah beberapa menit lalu diikuti gaya sok tenang dan ikhlas dgn memikirkan keuntungan lain dari gacha yakni extract. Setelah itu saya mengenang perjuangan saya dapat ruby itu sambil menghitung" ruby yg akan saya dapat bulan depan dari PVP. Pada akhirnya, GALAU deh... Wkwkwk...

    heiro25

    ReplyDelete
  5. artikel masgan ini merupakan salah satu penenang ketika zonk...awal sept saya gcha 300 rubi..dapat 1 UE mon panah *8.. pas pertengahan bulan mau coba dapertin denis...eh malah dikasih sekali lagi moon panah *7..

    kesal skali rasanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu untung dapat new rangers.... Lah saya, awal bulan gacha 600 ruby, 1pun gak dapat new ranger. Lebih kesal siapa coba?

      heiro25

      Delete
  6. Saya gacha lumayan,,lg hoki kayaknx,,saya pernah gacha 50 dpt gladiator moon *8 sampai tiga kali.
    Dan koleksi ranger saya,,termasuk baru2.
    Sekarang banyak PR,,buat evolve para ranger ke tingkat UM.
    Tp saya juga pernah mendapatkan event zonk,,,bikin meriang,,,
    Tp berpikir positif saja,,toh semua cuma game,,mainx di buat enjoy saja.
    Memang semua dr nasib dan keberuntungan.

    BY:centro_game

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan ane pernah gacha dapet JB *6 (ultra) eh yang kedua zonk dapat Rocket V Moon

      Delete
  7. Ane Pernah Gan Gacha 4 kali pertama dapet Elite Elise*8
    lalu Hatchling Honey *7 (ultra0 yang ketia Justice Brown *6(ultra) otomatir saya seneng banget eh yg ke 4 dapet Pianist Boss*8 ane kira kuat ternyata jauh dari perkiraan

    ReplyDelete
  8. Sering zonk sihh
    Tapi bnykan hokinya jugaa !!
    Wkwkk inv grup mas..
    Id: marcellooooooo

    ReplyDelete